Ads 468x60px

Jumat, 14 Desember 2012

BAKSO TERBESAR

Surabaya - Hari ini adalah hari bersejarah bagi Abdur Rachman Tukiman yang biasa dipanggil Cak Man, warga asal Trenggalek yang sudah menetap di Malang Jawa Timur. Bakso terbesar buatannya, tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Pembuatan bakso dengan ukuran diameter 1,2 meter ini menghabiskan biaya sekitar Rp 60 juta. Bakso terbesar itu dibuat oleh 12 orang yang juga karyawannya, dengan menggunakan dandang berukuran dua setengah meter. Berat bakso 8 kuintal itu, dengan total bahan yang digunakan 37,5 kuintal terbuat dari daging sapi, tepung terigu, kanji dan lain-lain.

Pengerjaan bakso terbesar itu menghabiskan waktu 2 hari 2 malam, mulai Sabtu (7/8/2007) hingga Minggu (8/7/2007) tepatnya pukul 04.00 WIB.

"Akhirnya obsesi saya untuk membuat bakso terbesar yang sudah terpendam selama 1 tahun terakhir, akhirnya terwujud," kata Cak Man kepada wartawan yang berada di pintu masuk ITC Mega Grosir Jalan Gembong Surabaya, Minggu (8/7/2007).

Acara ini diselenggarakan oleh ITC bekerja sama dengan Cak Man, sebagai acara penutup Festival Bakso ITC yang diselenggarakan dalam sehari. Selain dipertontonkan bakso terbesar, juga digelar acara lomba makan bakso, menghias bakso dan makan gratis dari bakso terbesar, yang diperuntukkan oleh pengunjung dan dipusatkan di atrium ITC Mega Grosir.

Dalam acara tersebut, tampak istri Walikota Surabaya, Dyah Katarina sedang melihat-lihat bakso terbesar itu.

Rencananya, bakso tersebut dibawa ke panggung yang berada di tengah-tengah
Lower Ground (LG), namun karena terlalu besar dan berat, akhirnya bakso tersebut haya diletakkan di atas mobil halaman lobi ITC. (fat/mar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar