Ads 468x60px

Jumat, 14 Desember 2012

ASAL USUL BAKSO

Mungkin ada di antara kita yang mengira bahwa bakso adalah makanan asli Indonesia karena begitu mudahnya kita menemukan jenis makanan ini di Indonesia. Dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar menyediakan bakso. Apa benar bakso berasal dari Indonesia?

Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa. Dalam bahasa hokian ba' artinya babi di mana memang makanan tersebut awal mulanya berasal. Seperti ba'so, ba'mie, ba'pao dan ba' yang lainnya. Lazimnya penulisan yang digunakan mengganti tanda ' dengan huruf k, menjadi bakso, bakmie dan lain-lain.  


Pada akhir Dinasti Ming (awal abad ke-17) di Fuzhuo, ada seorang pria bernama Meng Bo. Ia tinggal di sebuah desa kecil. Meng Bo seorang anak yang terkenal berbakti kepada orang tuanya. Suatu hari, ibunya kecewa karena tidak dapat memakan daging. Usia ibunya yang sudah tua dengan gigi yang rapuh. Meng Bo pun menumbuk daging dan membentuknya menjadi bulatan-bulatan kecil sehingga ibunya dapat memakannya dengan mudah. Kemudian ia merebus adonan itu, tercium aroma daging yang lezat. Ibu Meng Bo senang sekali dapat memakan daging lagi meski bentuknya berbeda.


Bakso merupakan bola daging yang popular dalam masakan Indonesia. Meski awalnya terbuat dari daging babi, akan tetapi yang banyak berkembang kemudian di Indonesia -yang mayoritas muslim- adalah bakso dari daging sapi. Ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar