Ads 468x60px

Jumat, 14 Desember 2012

RESEP BAKSO MERCON

 

Bahan Bakso:
300 gram daging sapi
2 sdm bawag putih goreng
2 sdm bawang merah goreng
½ sdt merica bubuk
1 sdt garam
60 gr tepung sagu atau bisa diganti dengan kanji
60 gram es batu yang sudah diremuk

Bahan Isi/Mercon:
300 gr daging ayam cincang
6 butir bawang putih cincang halus
6 butir bawang merah cincang
1 sdt garam
½ sdt merica
150 gr cabai rawit merah, dikukus dan diblender halus

Cara membuatnya:

Isi/ mercon:
Tumis bawang merah dan bawang putih cincang sampai layu. Kemudian masukkan cabai rawit yang sudah diblender, tambahkan garam dan merica lalu aduk hinga rata. Terakhir masukkan cincangan daging ayam, aduk rata, tambahkan sedikit aiar dan masak hingga ayamnya matang dan airnya habis. Sisihkan.

Bakso:
Campur semua bahan ke dalam food processor lalu giling hingga halus dan rata, tambahkan es batu lalu giling kembali hingga tercampur rata.
Panaskan air dalam panci hingga air hampir mendidih. Setelah air hampir mendidih, mulai bulat-bulatkan bakso. Letakkan sedikit adonan bakso pada telapak tangan, tambahkan isi, lalu bulat-bulatkan dengan sendok dan masukkan ke dalam air yang seudah setegah matang tadi. Lakukan terus hinga adonan habis. Kemudian tutup panci dan tunggu hingga bakso mengapung pertanda sudah matang.
Nah setelah ditirskan, bakso Mercon siap disantap dengan menggunakan saos tomat atau saos sambal. Atau kalau anda penggemar mie, bisa anada jadikan capuran membuat mie atau masakan tumisan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar